Rabu, 03 Agustus 2016

Karat dan Kadar Emas


Emas merupakan bahan yang sangat familiar untuk perhiasaan. Sekarang ini emas tidak hanya digunakan untuk perhiasan tapi juga sebagai investasi mengingat harga emas yang stabil dan cenderung naik.

Di Indonesia jelas patokan atau penentu hubungan karat dengan kadar kandungan emas. Hampir setiap toko berbeda-beda mengenai karat terutama disetiap daerah belum tentu sama misalnya di satu toko emas 22 karat kadarnya 80% bisa jadi di toko lain emas 22 karat kadarnya hanya 75%. Jadi harga untuk emas 22 karat bisa berbeda antara toko yang satu dengan yang lain karena jumlah kadar yang berbeda.


Karat adalah tetapan yang biasa digunakan untuk menyebutkan kandungan emas. Kadar adalah tingkat keaslian emas atau jumlah kandungan kemurnian emas. Kadar emas dinyatakan dalam " karat"  kadar 24 dinyatakan emas murni. Jadi misalkan emas 22 karat berarti tingkat kemurniaannya 22/24 x 100% = 91,6%. Maka bila emas kadar 18 karat dengan berat 10 gram  berarti kandungan emas murninya 18/24 x 10 = 7,5 gram.


Emas untuk perhiasan biasanya dicampur dengan bahan logam lain. Logam yang digunakan biasanya nikel, tembaga, seng, rhodium dan lain sebagainya. Hal ini dikarenakan emas murni terlalu lunak sehingga sulit untuk dibentuk.


http://cincindepok.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar